7 Motif Batik Cirebon dan Penjelasannya

Asal usul batik Cirebon ternyata memiliki sejarah yang kuat. Lahirnya motif batik Cirebon sudah sejak dahulu kala saat agama Islam disebarkan oleh Sunan Gunung Jati. Beliau berdakwah dengan menggunakan batik sebagai media penyebaran Islam.

Keunikan dan keanekaragaman batik Cirebon membuat jenis batik ini masuk kedalam jejeran batik pesisiran. Namun, ada motif lain dari batik Cirebon yakni motif keraton yang dibagi kedalam dua bagian yaitu keraton kasepuhan dan kanoman.  Yuk, langsung saja simak motif batik Cirebon ulasannya berikut ini.

  1. Motif Batik Megamendung

Seperti namanya pola dan corak yang dihasilkan dari motif ini sangatlah cantik. Perpaduan gambar awan dan pemilihan warna yang tegas membuat motif ini memiliki daya tarik tersendiri. Bahkan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata berencana mendaftarkan motif batik megamendung ini ke UNESCO.

motif batik cirebon

 

  1. Motif Batik Sawat Pengantin

Motif batik ini memiliki nilai sakral yang kuat, yakni lambang kesetiaan yang abadi dan kebahagiaan seperti layaknya pasangan pengantin. Dengan motif  ini masyarakat mempunyai tujuan untuk mengapreasikan kebahagiaan dan harapannya hanya kepada Sang Pencipta sebagai bentuk keesaan. Sehingga motif batik ini melambangkan hubungan erat antara seorang hamba dan Penciptanya.

 

  1. Motif Batik Paksinaga Liman

Corak dan pola dari motif ini  merupakan sebuah wujud dari gabungan hewan. Yaitu paksi yang berarti burung garuda, naga yang artinya ular dan liman yang berarti gajah. Memiliki filosofi yang kuat tentang sebuah simbol keagungan kerajaan Cirebon pada masanya.

 

  1. Motif Batik Patran Keris

Ternyata batik yang satu ini merupakan motif yang paling sering dijadikan bahan pembuatan Kimono oleh orang Jepang. Terbukti jika memang motif batik Cirebon memenuhi selera domestik bahkan mancanegara.

 

  1. Batik Singa Payung

Ini dia batik yang lahir di tengah-tengah lingkungan keraton kanoman, motif nya yang klasik menggambarkan kewibawaan keraton.

 

  1. Motif Batik Singa Barong

Ornamen batik ini didominasi oleh gambar kereta dan singabarong. Ternyata ide ini tercetus dari kendaraan pada masa kesultanan Cirebon. Masyarakat Cirebon memiliki tujuan untuk mengabadikannya.

 

  1. Motif Batik Kompeni

Berbeda dengan motif batik sebelumnya, batik ini ternyata memiliki makna yang dalam. Motif ini menggambarkan tentang masa penjajahan jaman dahulu, di mana VOC masih sangat mendominasi penduduk Cirebon.

 

Belajar dari sejarah dan masa lalu bukanlah hal buruk namun justru menumbuhkan harapan masa depan yang lebih baik. Salah satunya mengapresiasikannya dalam wujud motif batik Cirebon yang penuh makna.

Leave a Comment